Leave a Reply


KOMPAS.com – Pada 7 September mendatang, Apple diduga kuat bakal launching iPhone 7. Menjelang tanggal itu, berbagai bocoran keterangan mengenai kemampuan smartphone terbaru Apple semakin santer tersebar di internet.

Salah satunya tiba dari seorang analis terkenal yang berasal KGI Securities, Ming-Chi Kuo. Analis yg sesuatu ini memang kadang “meramal” soal kemampuan dan fitur baru dari gadget buatan Apple. Menariknya, seringkali prediksinya tepat.

Berikut ini 12 ramalan soal kemampuan baru iPhone 7 yg diprediksi oleh Kuo, seperti KompasTekno rangkum dari MacRumors, Senin (5/9/2016).

1. Chip baru, A10

Seperti kebiasaan selama ini, Apple dikatakan mulai memperkenalkan chipset baru di iPhone generasi teranyar. iPhone 7 diduga kuat mulai dibekali A10.

Apple menyerahkan urusan pembuatan chip terbaru ini pada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Kabarnya, chip tersebut sanggup “berlari” di kecepatan 2,4 GHz hingga 2,45 GHz.

Namun dalam praktiknya, ada kemungkinan Apple mulai menurunkan kecepatan chip tersebut dengan alasan mengurangi konsumsi daya dan panas yg dihasilkan.

2. Memori internal terbesar 256 GB

Baik iPhone 7 atau iPhone 7 Plus mulai dibekali pilihan kapasitas memori internal yg sama, merupakan 32 GB, 128 GB, dan 256 GB.

Perbedaan baru mulai kelihatan dalam hal RAM. Apple memberikan RAM 3 GB dan sebuah kamera berlensa ganda pada iPhone 7 Plus. Sedangkan iPhone 7 cuma menggunakan RAM 2 GB dengan kamera biasa.

3. Lima pilihan warna

Kedua iPhone terbaru ini mulai memiliki lima pilihan warna. Keempat warna pertama adalah silver, gold, rose gold, dan dark black sebagai pengganti space gray.

Sedangkan sesuatu warna lagi, menurut Kuo, yaitu warna baru, merupakan piano black. Warna ini mulai kelihatan glossy, berbeda dengan pilihan warna lainnya.

4. Anti-air

Apple disebut-sebut bakal menghadirkan kemampuan tahan air di duo iPhone 7. Ketahanan tersebut sampai di sertifikasi IPX7.

Artinya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bakal tahan cipratan dan guyuran air. Selain itu, pengguna juga dapat mencelupkan ponsel ini ke air hingga maksimal kedalaman 1 meter.

5. Tanpa port audio 3,5 milimeter

Raksasa teknologi Amerika Serikat ini digosipkan berencana menghilangkan port audio 3,5 milimeter yg tidak pernah absen menemani iPhone. Sebagai gantinya pengguna mampu menggunakan Lightning EarPods atau adapter Lightning to 3,5 milimeter.

Dengan menghilangkan port audio 3,5 milimeter, Apple jadi mampu leluasa menyematkan alat bagi tidak mengurangi kemampuan speaker dan sensor baru buat Force Touch.

6. Earpiece menjadi speaker

Bagian earpiece, yg biasanya berfungsi sebagai alat pemancar suara ketika pengguna melakukan sambungan telepon, kini ditambah dengan fungsi baru. Earpiece tersebut disambungkan dengan sebuah amplifier sehingga dapat mengfungsikannya sebagai speaker.

Speaker itu pun dirancang memiliki alat pemisah khusus supaya pengguna tetap mendapatkan suara stereo.

7. Tombol sensitif sentuhan

Agar fitur tahan air dapat berfungsi maksimal, Apple dikatakan mulai memodifikasi tombol fisik Home menjadi sebuah panel sensitif sentuhan. Dengan kata lain, iPhone terbaru ini telah tak menggunakan tombol Home fisik seperti di seri terdahulu.

8. Teknologi layar ala iPad Pro

Duo iPhone 7 kabarnya menggunakan teknologi warna di layar dengan jangkauan spektrum yg lebih luas, seperti pada iPad Pro 9,7 inci. Dengan demikian, warna yg dihasilkan mulai lebih baik, apalagi mengingat duo ponsel ini milik ukuran setara dengan iPhone 6S dan 6S Plus.

9. Lensa kamera ganda

Apple bakal menyematkan lensa ganda pada kamera penting iPhone 7 Plus. Kedua lensa ini sama-sama menghasilkan ketajaman 12 megapiksel, tetapi dengan sudut pandang berbeda.

Satu lensa memberikan sudut pandang lebar dengan fitur piksel yg lebih besar, lensa 6P, dan stabilizer optik. Sedangkan lensa lainnya dipakai sebagai tele-photo dengan fitur piksel yg lebih kecil dan lensa 5P.

10. Flash yg diperbarui

Apple memperbarui LED flash yg menemani kamera penting duo iPhone 7. Pembaruan itu berupa tambahan beberapa LED. Total terdapat 4 LED, merupakan 2 LED berwarna dingin dan 2 LED berwarna hangat.

Selain itu raksasa teknologi ini juga menambahkan sensor ambient light baru dengan tujuan meningkatkan kualitas gambar yg dihasilkan kamera.

11. Pembaruan sensor proximity

Duo iPhone 7 juga dibekali dengan sensor proximity baru. Sebelumnya, sensor yg dipakai buat mengenali jarak dan gestur ini beroperasi memakai lampu LED. Tapi di seri terbaru, sensor ini menggunakan laser sehingga dapat bekerja lebih cepat.

12. FeliCa NFC

FeliCa yaitu singkatan dari Felicity Card. Ini adalah teknologi RFID kartu pintar yg juga dipakai bagi membuat Octopus Card di Hong Kong.

Desas-desus yg beredar, duo iPhone 7 yg dijual di Jepang mulai dibekali dengan teknologi FeliCa NFC ini.


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: