Leave a Reply


KOMPAS.com – Apple mengumumkan kehadiran iPhone 7 dan 7 Plus dengan beragam fitur baru, akan dari layar, kamera, hingga soal earphone.

Perubahan paling besar, dan paling menarik dari seluruh pembaruan tersebut adalah kamera berlensa ganda di bagian belakang berikut berbagai kemampuan tambahannya. Kamera tersebut bertengger di bagian belakang iPhone 7 Plus.

Bila dirinci, secara garis besar ada delapan hal baru yg diperkenalkan Apple dalam iPhone 7 dan 7 Plus. Ada yg bakal memudahkan pengguna, ada juga hal yg baru dan menuntut pengguna bagi beradaptasi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechRadar, Kamis (8/9/2016), berikut ini rincian delapan hal dan fitur baru di iPhone 7 dan 7 Plus

1. Desain

Apple menambahkan pilihan warna baru pada iPhone 7 dan 7 Plus, merupakan black dan jet black (hitam dan glossy). Selain itu, duo ponsel ini sama-sama dibekali dengan fitur anti-air.

Pengguna mampu dengan nyaman menggunakan iPhone 7 dan 7 Plus di bawah guyuran hujan, tanpa perlu khawatir rusak. Bisa dibayangkan, fitur ini mirip dengan anti-air pada Samsung Galaxy S7, ponsel Android pesaing Apple.

Salah sesuatu bagian terburuk dari desain baru ini adalah adanya tonjolan bingkai lensa pada kamera iPhone 7 atau iPhone 7 Plus. Dengan kata lain, ponsel tak mulai rata ketika dibaringkan dengan punggung menghadap ke bawah.

2. Kamera

Sesuai dengan desas-desus yg beredar, Apple memang memasang kamera 12 megapiksel dengan lensa ganda pada iPhone 7 Plus. Sedangkan iPhone 7 dibekali kamera 12 megapiksel berlensa tunggal (f/1,8).

Dua lensa pada kamera iPhone 7 Plus milik fungsi berbeda. Satu yaitu lensa wide (f/1,8) atau berguna bagi memotret dengan cakupan pandangan lebih lebar. Sedangkan sesuatu lainnya yaitu lensa telephoto 56 milimeter (f/2,8), berguna buat memotret objek pada jarak yg jauh.

Selain itu, iPhone 7 Plus juga memiliki prosesor pemrosesan gambar yg mampu memindai kedalaman bidang foto, dengan memanfaatkan lensa wide dan telephoto tersebut. Hasilnya, pengguna dapat mengubah fokus pada foto setelah selesai memotret.

Tapi perlu dicatat, fitur mengubah fokus foto baru mulai dihadirkan Apple dalam update software yg rencananya mulai dirilis tahun depan.

Selain soal lensa, kamera iPhone 7 dan 7 Plus memiliki kesamaan fitur, yakni optical image stabilizer bagi mencegah foto blur, quad tone LED flash, dukungan format RAW, serta zoom optik 2x.

Resolusi sensor kamera depannya pun sama, iPhone 7 dan 7 Plus dibekali kamera depan dengan resolusi 7 megapiksel.

3. Headphone

Dalam bocoran yg banyak beredar, Apple disebut mulai menghapus keberadaan port audio 3,5 milimeter. Pada peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus ini, raksasa teknologi tersebut benar-benar melakukannya.

Sebagai ganti port audio universal itu, Apple menyematkan converter Lightning to 3,5 mm dalam segala paket pembelian iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pengguna tetap mampu menggunakan headphone lamanya dengan memanfaatkan converter yg dicolok ke port pengisian daya ini.

Selain itu, pengguna juga mendapatkan sesuatu set Lightning EarPods yg dapat langung dipasang ke port pengisian daya bila ingin mendengarkan musik. Bila sanggup membeli yg lebih mahal, ada juga AirPods, merupakan sesuatu set earphone nirkabel pertama Apple.

Baca: Berapa Harga iPhone 7 dan 7 Plus?


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: