Leave a Reply


KOMPAS.com — Setiap ponsel Android sebenarnya memiliki menu rahasia. Menu ini ditujukan buat para developer atau mereka yg paham dan hobi mengoprek gadget.

Meski demikian, orang awam pun dapat mengaksesnya yang berasal mengetahui kode-kode yg digunakan. Jika coba mengaksesnya, Anda disarankan cuma sekadar melihat-lihat dan tak mengubah pengaturan apa pun.

Pasalnya, kesalahan perubahan pada setting yg ada di dalam menu rahasia itu mampu berakibat fatal. Gadget mampu saja jadi tak berfungsi dan mesti ditangani melalui pusat servis.

Informasi yg dirangkum KompasTekno dari Nextren, Rabu (19/10/2016), buat masuk ke menu tersembunyi cukup masukkan kode *#*#4636#*#* di mode dial nomor telepon.

Biasanya, di dalam menu ini, terdapat empat sub-menu, merupakan Phone Information, Battery Information, Usage Statistic, dan Wi-Fi Information.

Dalam Phone Information, terdapat keterangan seperti nomor international mobile station equipment identity (IMEI), jaringan yg sedang digunakan ketika ini, pengaturan preferensi jaringan, dan lainnya.

Battery Information mengulas keterangan soal kesehatan baterai, voltase, dan suhu. Wi-Fi Information bisa dipakai bagi melakukan Ping dan mematikan atau menghidupkan jaringan tertentu.

Baca juga: Stop 4 Kebiasaan Nge-charge Smartphone seperti Ini

Sementara itu, Usage Information berisi keterangan soal aplikasi terakhir yg digunakan ponsel dan informasi telah berapa lama ponsel tersebut dipakai.

Sebenarnya, kode *#*#4636#*#* mampu digunakan di semua macam smartphone Android. Namun, ketika mencobanya, Anda dapat saja menemukan kode ini tak berfungsi di smartphone tertentu. Selain itu, mampu juga kode tersebut tak menampilkan seluruh menu.

Yang harus diperhatikan dalam membuka menu-menu rahasia ini, berhati hatilah ketika mencobanya. Jangan sembarangan mengubah setting yg ada di sana karena mampu berakibat fatal. Misalnya, seandainya memilih turn off phone radio, Anda tak mulai mampu memakainya buat telepon, SMS, atau internetan, kecuali telah menyalakannya lagi.

Selain itu, ada juga kode berikut ini:

*#06# – Menunjukkan kode IMEI.

*#*#7780#*#*Factory reset (menghapus data aplikasi dan aplikasi di ponsel, tak menghapus firmware).

*2767*3855# – Menghapus segala data di ponsel, termasuk firmware (hati-hati dengan kode ini).

*#*#273283*255*663282*#*#*Back up seluruh foto dan video.

*#*#1472365#*#* – Menguji GPS.

*#*#1234#*#* – Menunjukkan firmware dan PDA info punya ponsel.

Baca: 7 Langkah Ampuh Mengatasi Ponsel Android yg Mulai Lambat


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: