Leave a Reply


KOMPAS.com – Google memberikan update buat layanan peta Google Maps. Kini, foto satelit di Google Maps kelihatan memiliki resolusi lebih tinggi, dengan foto permukaan Bumi yg kelihatan lebih detail, tajam, dan warna yg lebih kontras.

Semua itu berkat penggunaan satelit Landsat 8 yg dioperasikan oleh United States Geological Survey (USGS) dan NASA sejak 2013 lalu, menggantikan satelit Landsat 7 yg sudah dipensiunkan.

Sebelumnya, foto-foto satelit permukaan Bumi yg dipakai Google Maps adalah hasil tangkapan satelit Landsat 7. Kamera yg diusung satelit tersebut memiliki resolusi lebih rendah.

Cacat hardware yg dimiliki satelit Landsat 7 juga menyebabkan foto permukaan Bumi yg dihasilkan menjadi memiliki garis-garis diagonal. Beberapa data di dua area juga hilang akibat kecacatan itu.

Update ini dimungkinkan berkat program Landsat dan komitmen menyediakan datanya secara gratis dan dapat diakses siapa saja,” tulis Google seperti dikutip KompasTekno dari blog resminya, Kamis (30/6/2016).

Foto yg dihasilkan oleh satelit Landsat memang disediakan secara gratis. Foto yg ukurannya mencapai 700 triliun piksel itu dirangkai dengan API Earth Engine yg sifatnya juga terbuka.

Foto-foto satelit baru yg dipakai Google Maps kini mampu ditemui di sejumlah produk pemetaan Google. Untuk melihatnya, Anda dapat membuka Google Earth atau mengaktifkan lapisan (layer) foto satelit di Google Maps.


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: