Leave a Reply


KOMPAS.com – Tak butuh waktu lama buat Google bagi memboyong aplikasi chatting Allo ke Indonesia. Setelah diluncurkan di dua negara pada Rabu (21/9/2016) lalu, pesaing WhatsApp ini telah dapat diunduh oleh pengguna Tanah Air per hari ini, Jumat (23/9/2016).

Anda cukup bertandang ke toko aplikasi Play Store atau App Store bagi menginstal Allo di perangkat Android atau iOS. Selanjutnya, Anda mampu merasakan pengalaman chatting yg informatif dengan bantuan Google Assistant.

Pantauan KompasTekno, saat masuk ke aplikasi Allo, Anda mulai diminta mendaftar dengan memasukkan nomor telepon. Setelah mendapat kode verifikasi via SMS, Anda mampu beranjak ke tahap berikutnya, yakni membidik selfie atau mencomot foto dari galeri sebagai foto profil.

Allo juga meminta izin bagi mengakses kontak, lokasi, dan data-data lainnya dari akun layanan Google yg Anda miliki.

Allo memiliki tampilan antarmuka yg mirip WhatsApp, seperti ikon foto profil bulat, akses kontak, hingga notifikasi tanda centang sesuatu atau dua, buat membedakan pesan sudah terkirim atau dibaca.

Bedanya, pengguna bakal diberi tiga pilihan memakai Allo: chatting personal, chatting grup, dan chatting dengan Google Assistant.

Pada chatting personal maupun grup, Google Assistant menolong Anda menjawab pertanyaan dari lawan chatting. Hal ini didasarkan pada kebiasaan.

Misalnya, Anda menyapa “hallo” (halo), lantas teman menjawab “hallo” juga. Google Assistant bakal menyuguhkan opsi balasan di bar tulisan “how are you?” (apa kabar?). Jika ingin menggunakan kata-kata itu sebagai balasan, cukup tekan bar tersebut. Jika tidak, Anda dapat mengetik sendiri balasan yg diinginkan. 

Google Antarmuka Google Allo.


Hal paling menarik adalah chatting segera dengan Google Assistant. Asisten digital tersebut sangat interaktif dan informatif.

Google Assistant dapat menjabarkan seluruh keterangan yg berseliweran di internet. Misalnya saja saat Anda menanyakan restoran/cafe terdekat, sejarah pembangunan suatu kota, keterangan cuaca, hingga resep makanan.

Anda juga mampu meminta Google Assistant di Allo buat memamerkan daftar e-mail masuk di tanggal tertentu, melihat agenda di kalendar, dan hal-hal lainnya yg terhimpun di akun Google Anda.

Bahkan, Anda dapat meminta Google Assistant di Allo bagi menampilkan foto tertentu dari Google Photos. Cukup gunakan bahasa sehari-hari seperti “show me my pictures of dog” (tunjukan foto-foto anjing saya), dahulu sekejap Anda dapat mengakses konten yg Anda inginkan di Allo.

Tak hanya informatif ketika diminta, Google Assistant di Allo juga milik inisiatif yg besar. Anda bakal ditawarkan bagi subscribe ke berita harian, puisi, maupun keterangan utama lainnya. Tak lupa, Allo pun menanyakan jam berapa waktu yg Anda inginkan buat membaca konten yg di-subscribe.

Dengan kehadiran Google Assistant di Allo, Anda tidak perlu bolak-balik menjajal banyak aplikasi. Dua inti penjajalan internet toh telah tersedia di sesuatu platform, yakni berkomunikasi dan mencari informasi.

Baca: Snowden: Jangan Pakai Google Allo
Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: