Leave a Reply

KOMPAS.com – Google ikut merayakan Hari Ayah di Indonesia. Raksasa internet tersebut memajang sebuah doodle khusus di laman pencariannya pada hari ini, Sabtu (12/11/2016).

Desain doodle hari ini menampilkan gambar beberapa pasang sepatu yg diletakkan bersampingan. Di sebelah kiri, tampak sepatu pantofel berwarna coklat punya sang ayah. Sedangkan, di sebelah kanan, ada sepatu kets berwarna merah punya anak.

Kedua sepatu tersebut digambarkan berada di atas sebuah alas kaki berwarna coklat bertuliskan “Google”. Sepatu pantofel punya ayah menutupi huruf “o” dari nama Google.

Tak mampu dimungkiri bahwa Hari Ayah memang tak sepopuler Hari Ibu yg jatuh setiap tanggal 22 Desember. Menurut laman Wikipedia, Hari Ayah baru dideklarasikan oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono di Solo pada 12 November 2006.

Uniknya, Hari Ayah di Indonesia digagas oleh sekumpulan wanita yg tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Berdasarkan laporan dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Sumenep, PPIP menggelar deklarasi Hari Bapak Nasional di Pendapa Gede Balai Kota Solo yg dihadiri ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat karena PPIP dikenal sebagai komunitas komunikasi lintas agama.

Deklarasi serupa juga digelar pada ketika yg sama oleh dua anggota PPIP lainnya di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Ketua PPIP, Gress Raja, gagasan dideklarasikannya Hari Ayah karena ayah yaitu bagian dari keluarga yg juga memegang peranan sangat utama dalam pembentukan karakter keluarga.

Pasalnya, keterlibatan ayah dalam tumbuh kembang anak memberikan pengaruh positif yg signifikan.

Hari Ayah di Indonesia sendiri berbeda dari negara lain. Di Amerika Serikat serta lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Malaysia, dan Singapura, merayakan Hari Ayah pada hari Minggu di minggu ketiga bulan Juni.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Share this: