Spesifikasi dan Review Ultrabook Acer Aspire P3

Pertimbangan berat yang ringan dan kepraktisan fungsi, saat ini menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih perangkat laptop yang tepat. Saat berada di kantor, maka kebutuhan untuk mengetik menjadi hal yang utama. Sebaliknya saat bepergian atau hangout bersama teman di mall dan cafe, maka perlu laptop yang simple.

Keberadaan laptop berbentuk tekukan di atas meja, dapat memberikan kesan menjaga jarak. Beda dengan tablet yang dapat ditidurkan di atas meja; pandangan akan menjadi leluasa. Karena itulah, lahir perpaduan tablet dengan laptop dengan kinerja superior. Acer menyebutnya sebagai Hybrid Ultrabook™.

Acer aspire P3_1

Di dalam box hybrid ultrabook Acer ini, akan didapatkan keyboard Bluetooth dengan docking berwarna silver berbahan dasar alumunium yang terasa kokoh dalam genggaman. Dimensi tablet Acer P3 ini adalah  190.77 (W) x 295.4 (D) x 9.95/10.15 (H) mm dengan berat hanya 0.79 kg.

Terdapat dua varian seri P3 yang dibedakan atas jenis prosesor dan kapasitas hardisk. Pilihan prosessor i3 disandingkan dengan SSD 60 GB, sementara varian i5 disandingkan dengan SSD 120 GB yang 5x lebih cepat dari standar Hardisk Drive. Untuk urusan konektivitas, Acer Aspire P3 telah disematkan InviLink Nplify WiFi 802.11 seri a/b/g/n. Untuk urusan koneksi antar gadget, juga disertai Bluetooth seri terbaru, 4.0. Untuk urusan presentasi, terdapat port Micro HDMI. Pada bagian samping layar, terdapat port USB3.0 yang komptibel dengan USB 2.0 dan USB generasi pertama.

Acer aspire P3_10

Acer Aspire P3 terasa praktis melalui pilihan ukuran layar 11.6” dengan resolusi 1366×768. Layar yang dipilih merupakan tipe panel IPS yang menjamin keindahan tampilan seperti aslinya. Dari sudut manapun, hingga 178 derajat, layar monitor tetap terlihat cerah. Layar ultrabook Acer Aspire P3 dilengkapi dengan fitur 10 Point multi-touch yang sangat responsive untuk digunakan mengetik 10 jari sekaligus.

Acer aspire P3_3

Terdapat dua buah kamera yang terletak di bagian belakang dan bagian depan. Kamera di Acer Aspire P3 ini sangat mumpuni untuk kebutuhan video conference, kamera depan dapat menangkap ekspresi wajah kita dengan jelas. Kemampuan rekamnya menjangkau format resolusi 720p. Penempatan kamera utama sebesar 5MP dapat mengambil objek gambar dengan Jernih. Berkat sertifikasi Dolby® Home Theater V4, suara jernih dan kencang dapat dihadirkan speaker built in ultrabook Acer P3 ini.

Acer aspire P3_6

Kinerja

Acer Aspire P3 yang berprosesor Intel Core i5 3339Y dapat berjalan dengan kecepatan 2GHz berkat teknologi turbo boost. Pada kondisi default, clock speed 1.5GHz menjadi kecepatan optimal dalam perpaduan performa dengan daya tahan baterai. Untuk menunjang kinerja, telah dibenamkan memori sebesar 2GB DDR3. Sementara untuk urusan penyimpanan data, terdapat SSD berkapasitas 120GB.

Acer aspire P3_7

Prosesor terbaru dari Intel dengan Core Y series merupakan prosesor yang diperuntukkan untuk perangkat dengan mobilitas tinggi. Dibandingkan  prosesor Intel seri ULV (Ultra Low Voltage), seri Y ini memerlukan daya lebih rendah, hanya 13Watt. Walaupun konsumsi daya rendah, kinerja yang ditawarkan prosesor Intel core Y series ini cukup dapat diandalkan dalam menjalankan aplikasi secara optimal.

Acer aspire P3_8

Melalui pengujian PCMark7 terlihat kinerja SSD memberikan score yang tinggi. Hal ini menegaskan bahwa kinerja SSD dapat mengatasi kelemahan perangkat yang menggunakan hard disk drive.

 

Kapasitas Baterai

Baterai yang digunakan Acer Aspire P3 sebesar 4800mAh. Kapasitas sebesar ini sangat ideal untuk aktvitas mobile tanpa memerlukan charger ulang dalam waktu lebih dari 4 jam; meskipun digunakan untuk menonton film HD 720P dan melakukan download dan browsing internet secara terus-menerus.

Acer aspire P3_4

Pengujian data tahan baterai dilakukan dalam konfigurasi power management balance dan dilakukan secara terus menerus tanpa berhenti. Karenanya dapat diprediksi, bila digunakan untuk seharian beraktivitas, daya tahan baterai ultrabook ini dapat meningkat lebih lama.

 

Kesimpulan : Mobilitas tinggi yang diiringi kinerja tinggi

Ultrabook berbentuk tablet merupakan gambaran singkat Hybrid Ultrabok Acer Aspire P3 ini. Kemampuan kinerja yang tinggi telah mampu mengimbangi kebutuhan mobilitas yang tinggi dari penggunanya. Sistem operasi Windows 8 berperan penting dalam mengakomodasi kebutuhan dalam bekerja dan beraktivitas. Black sleve yang disertakan lengkap dengan keyboard bluetooth akan menjadi solusi perpindahan aktivitas dengan cepat.

Mari tengok inspirasi penggunaan Ultrabook Acer Aspire P3 berikut ini.

Sumber artikel: acerid.com

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply