Leave a Reply


JAKARTA, KOMPAS.com – Google mengumumkan kehadiran fitur Ride Sharing di layanan Google Maps di Indonesia. Fitur ini memberikan keterangan estimasi tarif layanan transportasi berbasis online, seperti Go-Jek dan Grab.

“Mulai hari ini, fitur Ride Sharing di Google Maps telah bisa digunakan di Indonesia,” kata VP Google Maps Hugh William dalam acara Google for Indonesia di Ritz Carlton Ballroom, Selasa (9/8/2016).

Reza Wahyudi/Kompas.com Google Maps bakal menampilkan estimasi harga layanan transportasi online, seperti Go-Jek dan GrabBike
Estimasi tarif ojek motor, beserta layanan lain, dari Go-Jek dan Grab mulai ditampilkan begitu pengguna mencari tujuan atau lokasi tertentu.

Pilihan tarif mulai muncul di aplikasi Google Maps dengan memilih moda transportasi umum yg dilambangkan dengan logo mobil taksi (di Android) atau ikon orang yg sedang melambaikan tangan (di iOS), biasanya di ujung kanan layar.

Pengguna juga mampu segera memesannya dengan memilih salah sesuatu tarif yg ada. Selanjutnya, pemesanan mulai diarahkan ke aplikasi layanan yg dipilih. 

Ke depannya, menurut William, fitur ini mulai juga tersedia di layanan Google Search. Jadi cukup meng-googling tujuan tertentu, tarif ojek online mulai segera muncul di hasil pencarian.

Fitur ini telah dapat dicoba di aplikasi Google Maps yg ada di platform Android dan iOS akan hari ini juga.

Sebelumnya, Google telah menyematkan fitur serupa, tapi cuma buat sesuatu layanan ride sharing saja, yakni Uber.

Di negara lain, layanan serupa juga telah hadir. Beberapa di antaranya, Taxis di Brasil, Ola Cabs di India, Hailo di Inggris dan Spanyol, mytaxi di Jerman dan Spanyol, dan Gett di Inggris.

Di Indonesia sendiri, Google baru menghadirkan fitur “Transit” bagi Google Maps. Fitur ini bisa memberikan keterangan rute, jadwal, dan waktu datang bus transjakarta secara real-time.

Baca: Mulai Hari Ini, Google Maps Beri Tahu Waktu Kedatangan Bus TransJakarta


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: