Nokia, Sejarah dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Share this:

nokia logoSejarah dan Perkembangan Nokia – Nokia merupakan sebuah merek ternama berasal dari negara Finlandia. Kata Nokia itu sendiri  sebenarnya nama sebuah kelompok yang hidup di sungai Emakoski, Finlandia Selatan. Di tahun 1865, Fedrik Idestam membangun perusahaan penggilingan kayu dengan mempergunakan kata Nokia sebagai nama perusahaanya.

Perkembangan Nokia dari masa ke masa :

Pada abad ke-20 setelah perang dunia 1, perusahaan karet Finlandia mengakuisisi perusahaan yang didirikan Fedrik Idestem itu dan juga mengakuisisi perusahaan kabel Finlandia (perusahaan produsen kabel telegraf dan telepon). Kemudian di tahun 1967 ketiga perusahaan tersebut bergabung menjadi dengan satu menggunakan nama Nokia Corporation. Dan kemudian dikembangkan menjadi mesin pembuat bubur kayu dan pembuatan kertas, perusahaan itu adalah salah satu perusahaan kertas terkemuka di dataran Eropa.

Cikal bakal telepon seluler terwujud yaitu setelah ada ramalan dari CEO Björn Westerlund yang menyatakan bahwa pertumbuhan di sektor bubur kayu dan kertas tidak akan bertahan lama, dan sebagai gantinya didirikanlah sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki. Menurut Wikipedia, dalam kurun waktu 15 tahun berbagai percobaan telah dilakukan Nokia dengan bermacam-macam kegagalan. Namun dari beberapa kegagalan dan percobaan itu terbentuklah sekumpulan para ahli dengan bakat masing-masing. Kemudian Nokia menggandeng pabrik telelvisi Salora untuk bergabung dan mulai mengembangakan telepon seluler. Akhirnya pada tahun 1950 perusahaan televisi Salora sudah terintegrasi menjadi Nokia.

Ditahun yang sama, perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Taleva memberikan hak operasional jaringan telepon kepada Nokia, namun semua usaha yang dilakukan untuk menjadi yang nomor satu tetap tidak berjalan dengan mulus. Nokia juga membeli perusahaan televisi asal Jerman, SEL, dan perusahaan ini harus ditutup karena tidak secara operasional dianggap tidak berfungsi baik.

Nordic Mobile Telephony (NMT), merupakan produk buatan Nokia yang berkembang pesat dan mendapat sambutan baik dari seluruh penjuru dunia. Teknologi ini merupakan jaringan seluler multinasional pertama di dunia, yang diciptakan pada tahun 1981.

Nokia juga sempat mengalami krisis di tahun 1990. Untuk mengatasinya, CEO baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk berfokus pada pembuatan telepon seluler dan jaringan telekomunikasi. Perkembangan telepon seluler menjadi sangat pesat di seluruh dunia. Dan pada 1991 Nokia meluncurkan telepon GSM untuk pertama kalinya.

Nokia telah mengeluarkan banyak seri telepon seluler yang dijual di 150 negara bahkan lebih. Nokia merupakan sumber penghasilan bagi lebih dari 54 ribu orang di Finlandia, yang dulu hanya bergantung pada hasil hutan di negara tersebut. Nokia dikenal banyak orang dikarenakan pengoperasiannya yang begitu  mudah.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan jangan ketinggalan pula informasi sejarah dan perkembangan handphone lainnya hanya di kabar berita santai npicom.com.

Incoming search terms:

  • sejarah perkembangan handphone nokia
  • hp nokia diciptakan finlandia
  • Nokia diciptakan dari neegara
  • sejarah nokia dari masa ke masa
Share this:

, , , , , ,

7 Responses to Nokia, Sejarah dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

  1. zanepedia 6 September 2013 at 09:14 #

    perjalanan panjang dari sebuah merek dagang “NOKIA” untuk menghasilkan produk handphone. berbeda dengan merek dagang “Made in china” yang hanya memanfaatkan aji mumpung.

Leave a Reply

counter customizable free hit