Nokia, Sejarah dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Sejarah dan Perkembangan Nokia

Nokia

Sejarah dan Perkembangan Nokia – Nokia merupakan sebuah merek ternama berasal dari negara Finlandia. Kata Nokia itu sendiri  sebenarnya nama sebuah kelompok yang hidup di sungai Emakoski, Finlandia Selatan. Di tahun 1865, Fedrik Idestam membangun perusahaan penggilingan kayu dengan mempergunakan kata Nokia sebagai nama perusahaanya.

Perkembangan Nokia dari masa ke masa :

Pada abad ke-20 setelah perang dunia 1, perusahaan karet Finlandia mengakuisisi perusahaan yang didirikan Fedrik Idestem itu dan juga mengakuisisi perusahaan kabel Finlandia (perusahaan produsen kabel telegraf dan telepon). Kemudian di tahun 1967 ketiga perusahaan tersebut bergabung menjadi dengan satu menggunakan nama Nokia Corporation. Dan kemudian dikembangkan menjadi mesin pembuat bubur kayu dan pembuatan kertas, perusahaan itu adalah salah satu perusahaan kertas terkemuka di dataran Eropa.

Cikal bakal telepon seluler terwujud yaitu setelah ada ramalan dari CEO Björn Westerlund yang menyatakan bahwa pertumbuhan di sektor bubur kayu dan kertas tidak akan bertahan lama, dan sebagai gantinya didirikanlah sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki. Menurut Wikipedia, dalam kurun waktu 15 tahun berbagai percobaan telah dilakukan Nokia dengan bermacam-macam kegagalan. Namun dari beberapa kegagalan dan percobaan itu terbentuklah sekumpulan para ahli dengan bakat masing-masing. Kemudian Nokia menggandeng pabrik telelvisi Salora untuk bergabung dan mulai mengembangakan telepon seluler. Akhirnya pada tahun 1950 perusahaan televisi Salora sudah terintegrasi menjadi Nokia.

Ditahun yang sama, perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Taleva memberikan hak operasional jaringan telepon kepada Nokia, namun semua usaha yang dilakukan untuk menjadi yang nomor satu tetap tidak berjalan dengan mulus. Nokia juga membeli perusahaan televisi asal Jerman, SEL, dan perusahaan ini harus ditutup karena tidak secara operasional dianggap tidak berfungsi baik.

Nordic Mobile Telephony (NMT), merupakan produk buatan Nokia yang berkembang pesat dan mendapat sambutan baik dari seluruh penjuru dunia. Teknologi ini merupakan jaringan seluler multinasional pertama di dunia, yang diciptakan pada tahun 1981.

Nokia juga sempat mengalami krisis di tahun 1990. Untuk mengatasinya, CEO baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk berfokus pada pembuatan telepon seluler dan jaringan telekomunikasi. Perkembangan telepon seluler menjadi sangat pesat di seluruh dunia. Dan pada 1991 Nokia meluncurkan telepon GSM untuk pertama kalinya.

Nokia telah mengeluarkan banyak seri telepon seluler yang dijual di 150 negara bahkan lebih. Nokia merupakan sumber penghasilan bagi lebih dari 54 ribu orang di Finlandia, yang dulu hanya bergantung pada hasil hutan di negara tersebut. Nokia dikenal banyak orang dikarenakan pengoperasiannya yang begitu  mudah.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan jangan ketinggalan pula informasi sejarah dan perkembangan handphone lainnya hanya di kabar berita santai npicom.com.

, , ,

7 Responses to Nokia, Sejarah dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

  1. zanepedia 6 September 2013 at 09:14 #

    perjalanan panjang dari sebuah merek dagang “NOKIA” untuk menghasilkan produk handphone. berbeda dengan merek dagang “Made in china” yang hanya memanfaatkan aji mumpung.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Harga HP Nokia Lumia 610 NFC Update Januari 2013Info Handphone - 15 January 2013

    […] HP Nokia Lumia 610 NFC Update Januari 2013 – Nokia Lumia 610 NFC produk buatan Nokia, vendor asal Finlandia. Ponsel ini telah dibekali dengan adanya teknologi Near Field Communication. […]

  2. Harga HP Nokia Asha 202 Update Januari 2013Info Handphone - 17 January 2013

    […] EDGE dan GPRS, namun Asha 202 belum dilengkapi dengan adanya WIFI. Untuk urusan transfer file, Nokia juga melengkapinya dengan adanya fitur bluetooth dan kabel data […]

  3. Harga HP Nokia Asha 303 update Januari 2013Info Handphone - 17 January 2013

    […] HP Nokia Smartphone Asha 303 Januari 2013 – Asha 303 adalah smartphone yang droduksi oleh Nokia. Smartphone ini secara tampilah hampir sama dengan Asha 302 yang juga mengusung tema QWERTY pada […]

  4. Harga HP Nokia Asha 200 Update Januari 2013Info Handphone - 18 January 2013

    […] Nokia membandrol hanpdhone ini dengan harga yang terjangkau, dikarenakan ponsel ini dijual untuk pangsa pasar menengah kebawah. Dengan harga yang cukup terjangkau tadi, tidak ada yang istimewa untuk sektor Multimedia. Hanya terselip beberapa fitur saja, seperti kamera 2 megapiksel dengan resolusi 1600×1200 pixels, pemutar musik, FM radio dan dapat memutar video dengan format MP4/H.264/H.263/WMV player. Sebagai media penyimpanan file multimedia, Nokia juga melengkapi ponsel ini dengan memori eksternal microSD berkapasitas hingga 32 GB. […]

  5. Harga HP Nokia 808 PureView Update Januari 2013Info Handphone - 19 January 2013

    […] Nokia 808 ini menggunakan sistem operasi Nokia Belle dan untuk menjalakan sistem operasi tersebut Nokia membenamkan prosesor ARM 11 dengan kecepatan 1.3 GHz. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, ponsel […]

  6. Harga HP Nokia N9-00 Update Januari 2013Info Handphone - 21 January 2013

    […] dari performa Nokia N9 ini telah dilengkapi juga RAM sebesar 1024 MB. Untuk media penyimpanannya, Nokia telah melengkapi ponsel ini dengan adanya memori internal yang sangat besar mencapai 16 GB dan 64 […]

Leave a Reply