Leave a Reply


KOMPAS.com – Hari ini, Rabu (17/8/2016), YouTube menyiarkan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara 360 derajat melalui kanal Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ada dua kegiatan yg mampu disaksikan, yakni kirab di Monumen Nasional (Monas) dan kirab di Istana Negara yg dimulai pukul 08.00 WIB dan upacara dalam Istana Negara yg dimulai pukul 10.00 WIB.

Akun Facebook resmi punya Presiden Joko Widodo pagi ini menulis, “Pagi ini, kami dapat menyaksikan detik-detik Proklamasi ?#β€ŽRI71? dengan teknologi kamera 360Β° lewat kanal YouTube saya.”

Baca: Ini Kamera 360 Derajat yg Siarkan Upacara HUT RI ke-71

Pihak Google melalui akun Twitter resminya juga menyatakan bahwa siaran segera 360 derajat upacara pengibaran bendera di Istana Negara kali ini sebagai yg pertama kali dikerjakan di Indonesia.


Penonton mampu menyaksikan rangkaian pesta kemerdekaan dari berbagai sudut pandang. Untuk mengganti angle, penonton cukup menggulir layar YouTube ke kanan, kiri, atas, atau bawah, memakai mouse di PC.

Bagi yg menonton melalui smartphone. Cukup buka aplikasi YouTube, dahulu arahkan ponsel ke berbagai sudut.

Jika ingin pengalaman yg lebih nyata, pengguna dapat menonton via smartphone dan menghubungkannya ke perangkat virtual reality alias VR. Tentunya, perangkat VR bikinan Google, Cardboard, juga dapat digunakan.

Selanjutnya pengguna cuma perlu menoleh ke berbagai arah buat mengamati semua rangakaian acara di Monas dan di Istana Negara. Tapi, harus dipastikan smartphone yg digunakan telah mendukung teknologi VR.Β 


Siaran itu mampu diakses melalui channel YouTube Presiden RI Joko Widodo.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=kuCZtxP1934]


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: