Daftar Resep Minuman Berbuka Puasa yang Sederhana dan Mudah

Daftar Resep Minuman Berbuka Puasa yang Sederhana dan Mudah

menu resep minuman buka puasa air putih dan kurma sederhana takjil ta'jil

Air Putih dan Kurma

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, diantara keberkahan tersebut terletak di sekitar waktu ketika berbuka. Pada waktu itu, sangat dianjurkan untuk banyak berdoa.

Untuk sajian berbuka (ta’jil) yang penuh berkah, dianjurkan untuk memilih makanan yang manis. Makanan favorit yang manis tentu saja: kurma. Banyak pilihan makanan dan minuman manis yang bisa dijadikan menu ta’jil. Dengan memilih konsumsi makanan-minuman yang manis ketika berbuka, maka akan membantu mempercepat pemulihan energi tubuh.

Makanan utama yang berat, seperti nasi dan menu lain yang mengenyangkan, sebaiknya dikonsumsi setelah menunaikan sholat maghrib. Karena bila ketika berbuka langsung diawali dengan sejumlah makanan yang berat dan dalam porsi yang banyak, maka kondisi perut akan menjadi cepat penuh menyebabkan tubuh tidak nyaman.

Karena itu, berikut ini adalah daftar menu resep minuman berbuka puasa yang sebaiknya disajikan kawan npicom ketika ta’jil, sebelum makanan berat dikonsumsi.

Air Putih dan Kurma
Urutan pertama sebagai sajian menu sederhana untuk berbuka puasa tentu saja ini. Mengkonsumsi beberapa teguk air putih, dan beberapa butir kurma sangat dianjurkan oleh Rosulullah karena baik bagi kesehatan. Maka jika kita ingin berpuasa agar tetap sehat, sekaligus mendapatkan pahala, maka ikutilah sunah rosul. Sebenarnya cukup mengkonsumsi kurma dan meminum air putih di awal waktu berbuka.

Es Kelapa Muda
Air kelapa muda dicampur dengan es batu dan sedikit gula manis merupakan pilihan favorit yang menyegarkan. Prosesnya mudah. Tak Heran jika pada saat bulan puasa jumlahpenjual es kelapa muda pun semakin meningkat. Selain segar, es Kelapa mengandung ion alami untuk menggantikan ion di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa.

Es Blewah
Buah blewah ini sangat mudah diperoleh, mudah diproses dan disajikan. Cukup belah buah ini, buang bijinya, lalu kupas kulitnya; kemudian diserut memanjang. Campur dengan sirup manis, air putih dan es batu. Selanjutnya sajikan minuman segar es blewah ini ke dalam gelas bening. Tampilannya akan lebih menarik bila diletakkan ke dalam wadah gelas bening. Selain segar dan nikmat dipandang, kandungan blewah menjadi pengganjal rasa lapar yang baik, sebelum menu makan malam dinikmati.

Teh Manis
Segelas teh manis sangat cocok disajikan sebagai minuman pertama saat berbuka. Teh terkenal sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Dengan harga yang relatif murah, minuman teh dapat dijadikan solusi hidangan berbuka puasa bersama dengan banyak orang. Cukup seduh teh dengan air panas dalam jumlah kecil. Biarkan tampilan air teh menjadi pekat. Tambahkan gula pasir yang banyak dan aduk rata. Lalu tuang ke dalam teko atau wadah besar yang berisi air masak dalam jumlah banyak. Jika ingin es teh yang dingin, gampang, cukup masukkan potongan es batu ke dalam teko atau wadah besar tersebut.

Es Cincau
cincau berwarna hitam atau hijau merupakan minuman segar yang cocok untuk berbuka puasa. Es cau atau sering disebut juga sebagai es janggelan memiliki rasa gurih dengan perpaduan santan kelapa dan air gula merah yang manis. Khasiat cincau dapat menyegarkan badan dan mengatasi panas dalam. Rasa segar dan mengenyangkan dari es cincau ini merupakan pilihan yang bermanfaat sebelum mengkonsumsi menu utama.

Es Buah
Es buah merupakan minuman dingin dengan berbagai variasi isi berupa buah-buahan yang dapat dipilih sesuai selera. Banyak buah yang dapat digunakan, diantaranya pepaya, nanas, bengkuang, blewah, timun dan melon. Resep inti dari es buah adalah sirup manis dan air es. Akan semakin menyegarkan manakala buah-buahan tersebut telah direndam terlebih dulu ke dalam air gula; panaskan sebentar di atas api agar cairan gula melekat ke dalam pori-pori buah. Hasilnya, buah akan menjadi manis segar.

Bila sajian pembuka di atas terlalu sederhana, coba tengok resep yang cukup sering disajikan dan menjadi favorit:  Resep Minuman Favorit Untuk Berbuka Puasa

Demikianlah resep minuman berbuka puasa yang sederhana, mudah, dan cepat disajikan. Admin berpesan agar kawan npicom tetap dapat menjaga kesehatan ketika minum minuman yang manis. Minuman yang manis sangat berkhasiat, tapi tentu tidak berlebih. Karena asupan gula yang berlebih dikhawatirkan dapat menggangu kesehatan tubuh, menjadi pencetus penyakit diabetes. Jadi, mari berbuka dengan yang manis agar tetap sehat… sehingga dapat senyum lebih manis :)

, , ,

3 Responses to Daftar Resep Minuman Berbuka Puasa yang Sederhana dan Mudah

  1. Abu Rufaidah 19 July 2014 at 16:06 #

    ★ SUNNAH BERBUKA DENGAN KURMA DAN AIR PUTIH ★

    Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata :

    ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﻳُﻔْﻄِﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٍ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻰَ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٌ ﻓَﻌَﻠَﻰ ﺗَﻤَﺮَﺍﺕٍ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺣَﺴَﺎ ﺣَﺴَﻮَﺍﺕٍ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﺀٍ

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan ruthob (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.”
    _________________
    (HR. Abu Daud; no.2356 dan Ahmad; 3/164, hasan shahih)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Aneka Resep Minuman Favorit Untuk Berbuka Puasa - 10 July 2013

    […] Jika ingin yang lebih sederhana, silahkan cek daftar menu resep minuman sederhana untuk berbuka puasa. […]

  2. Aneka Resep Minuman Buka Puasa dari Buah melon | Minuman Melon Segar - 10 July 2013

    […] Untuk resep lain yang lebih sederhana, silahkan cek daftar resep minuman buka puasa yang mudah dan cepat. […]

Leave a Reply