Resep Minuman Hangat Saraba Khas Makasar

Minuman hangat Saraba, resep saraba

Penjual Minuman Saraba [log.viva.co.id]

Penggemar minuman hangat bakalan suka dengan resep minuman yang satu ini. Bahannya mudah, buatnya pun gampang. Minuman ini konon berasal dari Makasar, sangat terkenal di sana. Kalau jalan-jalan ke pantai Losari yang sejuk, apalagi di malam hari saat diterpa dinginnya angin malam, maka sajian minuman hangat saraba ini layak menjadi teman pencipta kehangatan.

Rasa khas minuman ini hampir mirip dengan bandrek ataupun STMJ (Susu Telor Madu Jahe). Bedanya, jahe merah dan gula aren menjadi pelengkap campuran sensasi pedas, hangat segar dengan rasa manis khas gula aren. Campuran susu kental manis dan krimer yang dipadukan pada resep minuman hangat ini akan menimbulkan rasa yang semakin gurih.

Bahan Resep Minuman Saraba

Nah, langsung saja kita tengok bahan-bahan resep lengkapnya:
2 ons jahe merah
4 keping gula aren
1 kaleng susu kental manis putih
3 sendok makan krimmer
3 liter air, gelas air panas atau hangat setara

Cara Membuat Saraba

Bahan-bahanuntuk membuatnya mudah didapat, kan? Setelah bahan-bahannya siap, cara membuat minuman hangat ini juga mudah, begini:

  • Mula-mula kupas kulit jahe merah, lalu cuci bersih. Selanjutnya dimemarkan menjadi pipih, agar ekstrak di dalam jadi menjadi renggang, sehingga mudah larut dalam air.
  • Siapkan air sebanyak 3 liter ke dalam panci.
  • Masukkan jahe bersama air di dalam panci.
  • Nyalakan kompor, taruh panci, tutup panci, dan tunggu hingga air mendidih.
  • Kemudian masukkan gula merah ke dalamnya. Aduk-aduk hingga gula larut.
  • Selanjutnya tambahkan susu serta krimmer.

Sudah selesai, tuang ke dalam gelas berukuran 200ml – 300ml agar suhu air lebih cepat dingin, tidak terlalu panas. Selanjutnya, dalam keadaan hangat, minuman saraba sedap ini siap diseruput perlahan.

Nah, ternyata tidak perlu harus jauh-jauh ke Makasar untuk menikmati sajian minuman hangat sedap ini. Tubuh yang letih, juga akan menjadi lebih cepat segar karena kandungan nutrisi di jahe. Sementara, energi diperoleh dari sukrosa pada gula aren, susu kental manis dan krimmer gurih.

Ayo, saat malam hari, minuman hangat saraba ini layak untuk segera dibuat :)

, , , ,

One Response to Resep Minuman Hangat Saraba Khas Makasar

  1. Monica Rampo 27 June 2014 at 10:47 #

    baru tahu saya ada minuman saraba ini..terima kasih resepnya ya…

Leave a Reply