Leave a Reply


KOMPAS.com – Duet flagship terbaru dari Apple, iPhone 7 dan 7 Plus, akhirnya menampakkan diri pada 7 September lalu. Keduanya membawa pembaruan signifikan dari saudara-saudara terdahulunya.

Dari segi desain, salah sesuatu yg relatif tidak disukai adalah tonjolan bingkai lensa pada kamera iPhone 7 dan 7 Plus. Tonjolan itu membuat posisi ponsel tak rata ketika dibaringkan dengan punggung menghadap ke bawah.

Selebihnya, konsep tipis dan simpel masih dipertahankan pabrikan Cupertino tersebut. Apple juga menambahkan pilihan warna baru pada iPhone 7 dan 7 Plus, merupakan black dan jet black (hitam dan hitam berkilau).

Baca: Begini Tampang iPhone 7 dan 7 Plus dari Berbagai Sisi

Fitur-fitur baru

Apple tidak pelit membekali duet iPhone teranyar dengan fitur-fitur mutakhir. Untuk pertama kalinya lini iPhone disematkan kemampuan anti-air bersertifikasi IP67. Pengguna diperbolehkan menggunakan ponsel di bawah guyuran hujan, tanpa perlu khawatir rusak. 

TechCrunch iPhone 7 Plus kelihatan memiliki tonjolan kamera lebih besar karena memiliki kamera berlensa ganda

Di bagian punggung, bertengger kamera berlensa ganda khusus bagi varian Plus. Kedua lensa memiliki sensor 12 megapiksel, namun milik fungsi berbeda. Satu buat memotret wide-angle atau pandangan lanskap lebar, sesuatu lagi bagi memotret tele atau jarak jauh.

Baca: Mengenal Teknologi Kamera Ganda di iPhone 7 Plus

Tombol home juga mengalami transformasi dari kerja mekanis menjadi “seakan tidak terasa tetapi ada”. Hal ini dimungkinkan teknologi Taptic Engine yg lebih peka mendeteksi sentuhan.

Baca: 8 Hal yg Baru di iPhone 7 dan 7 Plus

Pembaruan lainnya dapat ditilik dari layar yg lebih cerah, baterai lebih tangguh, prosesor dan sistem operasi lebih militan, serta pilihan memori yg lebih jumbo.

Fitur yg hilang

Beberapa fitur baru itu agaknya butuh tumbal. Apple harus menghapus keberadaan port audio 3,5 milimeter, seperti bocoran-bocoran yg beredar sebelumnya.

Tak yang berasal menghapus, Apple menyiapkan pengganti agar pengguna tetap mampu menikmati audio segera di telinga masing-masing. Pada tiap kemasan iPhone 7 dan 7 Plus, ada converter Lightning to 3,5 mm.

Apple AirPod, aksesori earphone wireless bagi iPhone 7

Selain itu, pengguna juga mendapatkan sesuatu set Lightning EarPods yg dapat langung dipasang ke port pengisian daya bila ingin mendengarkan musik. Bila sanggup membeli yg lebih mahal, ada juga AirPods, merupakan sesuatu set earphone nirkabel pertama Apple.

Baca: Mengenal AirPods, Earphone Nirkabel Pendamping iPhone 7

Tak seperti varian iPhone sebelumnya yg memiliki spesifikasi memori internal terendah 16 GB, Apple meningkatkan pilihan kapasitas memori internal terkecilnya buat iPhone 7 dan 7 Plus, yakni 32 GB. Selain memori internal 32 GB, ada pula pilihan 128 GB dan 256 GB.


Sumber: http://tekno.kompas.com
Share this: